§
Abraham Maslow, Hiekarki Kebutuhan Manusia
(Aktualisasi Diri)
Abraham Maslow mengembangkan teori kepribadian yang telah mempengaruhi sejumlah
bidang yang berbeda, termasuk pendidikan. Ini pengaruh luas karena sebagian
tingginya tingkat kepraktisan’s teori Maslow. Teori ini akurat menggambarkan
realitas banyak dari pengalaman pribadi. Banyak orang menemukan bahwa mereka bisa
memahami apa kata Maslow. Mereka dapat mengenali beberapa fitur dari pengalaman
mereka atau perilaku yang benar dan dapat diidentifikasi tetapi mereka tidak
pernah dimasukkan ke dalam kata-kata.
Maslow adalah seorang psikolog humanistik.
Humanis tidak percaya bahwa manusia yang mendorong dan ditarik oleh kekuatan
mekanik, salah satu dari rangsangan dan bala bantuan (behaviorisme) atau impuls
naluriah sadar (psikoanalisis). Humanis
berfokus pada potensi. Mereka percaya bahwa manusia berusaha untuk tingkat atas
kemampuan. Manusia mencari batas-batas kreativitas, tertinggi mencapai
kesadaran dan kebijaksanaan. Ini telah diberi label “berfungsi penuh orang”,
“kepribadian sehat”, atau sebagai Maslow menyebut tingkat ini,
“orang-aktualisasi diri.”
Maslow telah membuat teori hierarkhi kebutuhan.
Semua kebutuhan dasar itu adalah instinctoid, setara dengan naluri pada hewan.
Manusia mulai dengan disposisi yang sangat lemah yang kemudian kuno sepenuhnya
sebagai orang tumbuh. Bila lingkungan yang benar, orang akan tumbuh lurus dan
indah, aktualisasi potensi yang mereka telah mewarisi. Jika lingkungan tidak
“benar” (dan kebanyakan tidak ada) mereka tidak akan tumbuh tinggi dan lurus dan
indah.
Maslow telah membentuk sebuah hirarki dari lima tingkat kebutuhan
dasar. Di luar kebutuhan tersebut, kebutuhan tingkat yang lebih tinggi ada. Ini
termasuk kebutuhan untuk memahami, apresiasi estetik dan spiritual kebutuhan
murni. Dalam tingkat dari lima kebutuhan dasar, orang tidak merasa perlu kedua
hingga tuntutan pertama telah puas, maupun ketiga sampai kedua telah puas, dan
sebagainya.Kebutuhan dasar Maslow adalah sebagai berikut:
Teori Kebutuhan Maslow
1. Kebutuhan Fisiologis
Ini adalah kebutuhan biologis. Mereka terdiri dari kebutuhan
oksigen, makanan, air, dan suhu tubuh relatif konstan. Mereka adalah kebutuhan
kuat karena jika seseorang tidak diberi semua kebutuhan, fisiologis yang akan
datang pertama dalam pencarian seseorang untuk kepuasan.
2. Kebutuhan Keamanan
Ketika semua kebutuhan fisiologis puas dan tidak mengendalikan
pikiran lagi dan perilaku, kebutuhan keamanan dapat menjadi aktif. Orang dewasa
memiliki sedikit kesadaran keamanan mereka kebutuhan kecuali pada saat darurat
atau periode disorganisasi dalam struktur sosial (seperti kerusuhan luas).
Anak-anak sering menampilkan tanda-tanda rasa tidak aman dan perlu aman.
3.
Kebutuhan Cinta, sayang dan kepemilikan
Ketika kebutuhan untuk keselamatan dan kesejahteraan fisiologis
puas, kelas berikutnya kebutuhan untuk cinta, sayang dan kepemilikan dapat
muncul. Maslow menyatakan bahwa orang mencari untuk mengatasi perasaan kesepian
dan keterasingan. Ini melibatkan kedua dan menerima cinta, kasih sayang dan
memberikan rasa memiliki.
4.
Kebutuhan Esteem
Ketika tiga kelas pertama kebutuhan dipenuhi, kebutuhan untuk
harga bisa menjadi dominan. Ini melibatkan kebutuhan baik harga diri dan untuk
seseorang mendapat penghargaan dari orang lain. Manusia memiliki kebutuhan
untuk tegas, berdasarkan, tingkat tinggi stabil diri, dan rasa hormat dari
orang lain. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, orang merasa percaya diri dan
berharga sebagai orang di dunia. Ketika kebutuhan frustrasi, orang merasa
rendah, lemah, tak berdaya dan tidak berharga.
5.
Kebutuhan Aktualisasi Diri
Ketika semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya maka
adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan
aktualisasi diri sebagai orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang
itu “lahir untuk dilakukan.” “Seorang musisi harus bermusik, seniman harus
melukis, dan penyair harus menulis.” Kebutuhan ini membuat diri mereka merasa
dalam tanda-tanda kegelisahan. Orang itu merasa di tepi, tegang, kurang
sesuatu, singkatnya, gelisah. Jika seseorang lapar, tidak aman, tidak dicintai
atau diterima, atau kurang harga diri, sangat mudah untuk mengetahui apa orang
itu gelisah tentang. Hal ini tidak selalu jelas apa yang seseorang ingin ketika
ada kebutuhan untuk aktualisasi diri.
Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai
piramida, lebih besar tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah,
dan titik atas mewakili kebutuhan aktualisasi diri. Maslow percaya bahwa
satu-satunya alasan bahwa orang tidak akan bergerak dengan baik di arah
aktualisasi diri adalah karena kendala ditempatkan di jalan mereka oleh
masyarakat negara. Dia bahwa pendidikan merupakan salah satu kendala. Dia
merekomendasikan cara pendidikan dapat beralih dari orang biasa-pengerdilan
taktik untuk tumbuh pendekatan orang. Maslow menyatakan bahwa pendidik harus
menanggapi potensi individu telah untuk tumbuh menjadi orang-aktualisasi diri /
jenis-nya sendiri. Sepuluh poin yang pendidik harus alamat yang terdaftar:
1. Kita harus
mengajar orang untuk menjadi otentik, untuk menyadari diri batin mereka dan
mendengar perasaan mereka-suara batin.
2. Kita harus
mengajar orang untuk mengatasi pengkondisian budaya mereka dan menjadi warga
negara dunia.
3. Kita harus
membantu orang menemukan panggilan mereka dalam hidup, panggilan mereka, nasib
atau takdir. Hal ini terutama difokuskan pada menemukan karier yang tepat dan
pasangan yang tepat.
4. Kita harus
mengajar orang bahwa hidup ini berharga, bahwa ada sukacita yang harus dialami
dalam kehidupan, dan jika orang yang terbuka untuk melihat yang baik dan
gembira dalam semua jenis situasi, itu membuat hidup layak.
5. Kita harus
menerima orang seperti dia atau dia dan membantu orang belajar sifat batin
mereka. Dari pengetahuan yang sebenarnya bakat dan keterbatasan kita bisa tahu
apa yang harus membangun di atas, apa potensi yang benar-benar ada.
6. Kita harus
melihat itu kebutuhan dasar orang dipenuhi. Ini mencakup keselamatan,
belongingness, dan kebutuhan harga diri.
7. Kita harus
refreshen kesadaran, mengajar orang untuk menghargai keindahan dan hal-hal baik
lainnya di alam dan dalam hidup.
8. Kita harus
mengajar orang bahwa kontrol yang baik, dan lengkap meninggalkan yang buruk.
Dibutuhkan kontrol untuk meningkatkan kualitas hidup di semua daerah.
9. Kita harus
mengajarkan orang untuk mengatasi masalah sepele dan bergulat dengan masalah
serius dalam kehidupan. Ini termasuk masalah ketidakadilan, rasa sakit,
penderitaan, dan kematian.
10. Kita harus
mengajar orang untuk menjadi pemilih yang baik. Mereka harus diberi latihan
dalam membuat pilihan yang baik.
A. KEBUTUHAN FISIOLOGI/ DASAR
Fisiologi adalah turunan
biologi yang mempelajari bagaimana kehidupan berfungsi secara fisik dan
kimiawi.
Fisiologi menggunakan berbagai
metode ilmiah untuk mempelajari biomolekul, sel, jaringan,organ, sistem organ,
dan organisme secara keseluruhan menjalankan fungsi fisik dan kimiawinya untuk
mendukung kehidupan.
Menurut Abraham Maslow kebutuhan
fisiologi sangat mendasar, paling kuat dan paling jelas dari antara sekian
kebutuhan adalah untuk mempertahankan hidupnya secara fisik. Yaitu kebutuhan
untuk makan, minum,tempat tinggal, sexs tidur dan oksigen. Manusia akan menekan
kebutuhannya sedemikian rupa agar kebutuhan fisiologis (dasar)nya tercukupi.
Sebagai contoh:
pengeluaran zat sis, di mana
seseorang harus mengeluarkan zat-zat sisa yang sedah tidak terpakaioleh
tubuh. Karena jika tidak di kelurkan akan mengakibatkan
penyakit/pembentukan penyakit.
Oksigen (O2) merupakan salah
satu kebutuhan vital untuk kehidupan kita. Dengan mengkonsumsi oksigen yang
cukup akan membuat organ tubuh berfungsi dengan optimal. Jika tubuh
menyerap oksigen dengan kandungan yang rendah dapat menyebabkan
kemungkinan tubuh mengidap penyakit kronis. Sel-sel tubuhyang kekurangan
oksigen juga dapat menyebabkan perasaan kurang nyaman, takut atau sakit.
Menguap adalah salah satu sinyal tubuh kekurangan oksigen selain karena mengantuk.
B. KEBUTUHAN AKAN RASA AMAN
Kebutuhan akan rasa aman ini
baiasanya terpuaskan pada orang-orang yang sehat dan normal.Seseorang yang
tidak aman akan memiliki kebutuhan akan keteraturan dan setabilitas yang
sanggat berlebihan dan menghindari hal-hal yang bersifat asing dan yang tidak
di harapkannya.berbeda dengan orang yang merasa aman dia akan cenderung santai
tanpa ada kecemasan yang berlebih. Perlindungan dari udara panas/dingin, cuaca
jelek, kecelakaan,infeksi, alergi, terhindar dari pencurian dan mendapatkan
perlindungan hukum
Bebas dari penjajahan, bebas dari
ancaman, bebas dari rasa sakit, bebas dariteror, dan lain sebagainya.
Sebagai contoh :
Seseorang membangun rumah untuk
melindungi diri dari hujan panas memenuhi kepuasan untuk dirinya
Saat indonesia di jajah kita
melawan penjajah tersebut dan akhirnya merdeka karena saat terjajah
kita tidak merasa amanan.
C. KEBUTUHAN SOSIAL
Kebutuhan akan rasa
memiliki-dimiliki dan kasih sayang, kebutuhan akan rasa memiliki tempat di
tengah kelomoknya.
Sebagai contoh :
Dimana seseorang yang mempunyai
tujuan dan kepentingan yang sama membuat suatu kelompok/berkumpul karena mereka
ingin diperhatikan dalam tujuannya dan dapat memberikan perhatian
atas klompok tersebut.
Kebutuhan cinta seorang anak oleh
ibunya, itu sanggat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak misal seorang anak
tercukupi kebutuhan akan kasih sayang maka perkembangan anak akan optimal
berupa fisik maupun psikologinya karena perhatian yang di berikan ibu kepada
anaknya.
D. KEBUTUHAN AKAN PENGHARGAAN
Maslow menemukan bahwa setiap
orang memiliki dua kategori kebutuhan akan penghargaan yakni:
1. HARGA DIRI adalah penilaian
terhadap hasil yang di capai dengan analisis, sejauh mana memenuhi ideal
diri. Jika individu selalu sukses maka cenderung harga dirinya akan tinggi
dan jika mengalami kegagalan harga diri menjadi rendah. Harga diri di peroleh
dari diri sendiri dan orang lain. Harga diri meliputi kebutuhan akan
kepercayaan diri, kompetensi, penguasaan, kecukupan, prestasi, ketidak
tergantungan dan kebebasan
Kebutuhan harga diri meliputi:
-
Menghargai diri sendiri
-
Menghargai orang lain
-
Dihargai orang lain
-
Kebebasan yang mandiri
-
Preshies
-
Di kenal dan di akui
-
Penghargaan
2. PENGHARGAAN DARI ORANG LAIN
meliputi prestis, pengakuan,
penerimaan,perhatian, kedudukan,nama baik serta penghargaan. Penghargaan dari
orang lain sanggat di perlukan dalam kehidupan karena dengan penghargaan itu
seseorang akan menjadi lebih kreatif, mandiri, percayaakan diri sendiri dan juga
lebih produktif.
Kebutuhan penghargaan dari
orang lain meliputi :
-
Kekuatan
-
Pencapaian
-
Rasa cukup
-
Kompetisi
-
Rasa percaya diri
-
Kemerdekaan
Sebagai conoh:
Seorang pemahat di puji oleh
pelanggannya maka iya akan lebih semangat dalam membuatmemproduksi
karyanya dalam jumlah maupun model.
Seorang guru yang mengajar,
mengabdi bertahun-tahun dan mendapatkan pengangkatan pegawai
negeri oleh pemerintah
E. KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI
Aktualisasi diri adalah kebutuhan
naluriah pada manusia untuk melakukan yang terbaik dari yang dia bisa.
tingkatan tertinggi dari perkembangan psikologis yang bisa dicapai bila semua
kebutuhan dasar sudah dipenuhi dan pengaktualisasian seluruh potensi dirinya
mulai dilakukan.
Pada saat manusia
sudah memenuhi seluruh kebutuhan pada semua tingkatan yang lebih rendah ,
melalui aktualisasi diri di katakan bahwa mereka mencapai potensi yang paling
maksimal.
Manusia yang teraktualisasi
dirinya:
Mempunyai kepribadian multi dimensi
yang matang.
Sering mampu mengasumsi dan
menyelesaikan tugas yang banyak.
Mencapai pemenuhan kepuasan dari
pekerjaan yang di kerjakan dengan baik.
Tidak tergantung secara penuh pada
opini orang lain.
Sebagai contoh:
Saat kita mengetahui bahwa minggu
depan akan ada ulangan maka kita akan belajar lebih agar mendapatkan kepuasan
dalam ujian dan mendapatkan nilai baik
Sumber :
http://utaminoverima.wordpress.com/2012/11/28/konsep-kebutuhan-dasar-manusia-menurut-maslow-henderson/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar