Senin, 29 April 2013


§  Jenis- jenis Koping yang Konstruktif dan Positif (sehat)
Terdapat delapan indikator yang akan diukur. Semuanya akan dijelaskan sebagai berikut (dalam Auerbach dan Grambling, 1998).
Berorientasi pada Permasalahan (problem-solving focused)
d)     Confrontive coping
Merupakan usaha yang bersifat agresif dalam mengubah situasi, termasuk dengan cara mengambil resiko. Individu melakukannya dengan cara bertahan pada apa yang diinginkan.
e)      Planful problem solving
Memusatkan usaha pada masalah dengan hati-hati untuk mengatasi situasi yang menekan. Langkah lainnya dalam strategi ini adalah membuat perencanaan dari hal-hal yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah dan menjalankan rencana tersebut.
f)       Seeking social support
Usaha-usaha mencari nasihat, informasi, atau dukungan emosional pada lingkungan sosial di sekelilingnya. Caranya meminta pendapat orang lain terkait pemecahan masalah yang dihadapinya.
Berorintasi pada emosi (emotion focused)
g)      Distancing
Usaha yang bertujuan untuk menjaga jarak antara diri sendiri dengan masalah yang dihadapi dan bertingkah laku mengabaikan masalah tersebut. Individu dengan kondisi seperti ini merusaha menolak atau larut dalam masalah, dan menganggapnya seakan tidak pernah terjadi sesuatu.
h)      Self control
Usaha yang dilakukan oleh individu untuk mengatur perasaan-perasaan tersebut dengan cara menyimpannya. Individu akan berusaha menyimpan keadaan atau masalah yang sedang dihadapi agar orang lain tidak tahu
i)        Accepting responsibility
Usaha strategis yang pasif dimana individu mengakui atau menerima dirinya memiliki peran dalam maslaah tersbeut. Individu akan mengkritisi diri sendiri apabila sedang menghadapi masalah dan ia merasa dirinya yang bertanggung jawab.
j)        Escape avoidance
Strategi berupa perilaku menghindar atau melarikan diri dari masalah dan situasi stres dengan cara berkhayal atau berangan-angan juga dengan cara makan, minum, merokok, menggunakan obat-obatan. Individu berharap dnegan strategi tersebut situasi buruk akan segera berlalu.
k)      Positive reappraisal
Usaha-usaha untuk menemukan makna yang positif dari masalah atau situasi menekan yang dihadapi, dan dari situasi tersbeut individu akan berusaha menemukan suatu keyakinan baru yang difokuskan pada pertumbuhan pribadi.
l)        Seeking social support
Strategi yang dipakai individu untuk mendapatkan simpati dan pengertian orang lain.
Sumber :
http://ceplukim-fpsi10.web.unair.ac.id/artikel_detail-64210-Nyangkut%20ke%20Psikologi-Pengukuran%20Coping%20Stress.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar